1.1
Video Board/Card
A.
Penjelasan Video Board/Card
Sebuah kartu video (juga disebut
adapter video, kartu
layar, kartu grafis, kartu grafis,
display adapter atau
adaptor grafis) adalah kartu ekspansi yang menghasilkan pakan output gambar ke
layar. Kebanyakan video card
menawarkan berbagai fungsi seperti
render percepatan adegan 3D dan grafis 2D,
MPEG-2/MPEG-4 decoding, TV output, atau kemampuan untuk menghubungkan beberapa monitor (multi-monitor).
Perangkat keras video dapat diintegrasikan
ke dalam motherboard atau (seperti dengan desain yang lebih baru) CPU, tetapi
semua motherboard modern (dan
beberapa dari 1980) menyediakan port ekspansi yang kartu video dapat
dihubungkan. Dalam konfigurasi ini kadang-kadang disebut sebagai video controller atau graphic controller. Modern low-end ke
motherboard mid-range sering termasuk chipset grafis yang diproduksi oleh pengembang Northbridge (misalnya chipset
AMD dengan Radeon
grafis atau chipset
Intel dengan grafis Intel) pada motherboard. Chip grafis ini biasanya memiliki sejumlah kecil memori yang tertanam dan mengambil beberapa
RAM utama sistem, mengurangi total RAM
yang tersedia. Hal ini biasanya disebut grafis terintegrasi atau grafis on-board, dan biasanya
rendah dalam kinerja dan tidak
diinginkan bagi mereka yang ingin menjalankan aplikasi 3D. Sebuah kartu grafis khusus di sisi lain memiliki sendiri Random Access Memory atau RAM dan Processor khusus
untuk pengolahan gambar video,
dan dengan demikian offloads pekerjaan ini dari RAM
CPU dan sistem. Hampir
semua motherboard ini
memungkinkan (PCI-E) penghentian chip grafis
terintegrasi di BIOS, dan memiliki AGP,
PCI, atau PCI
Express (PCI-E) slot untuk menambahkan kartu grafis berkinerja tinggi di tempat terpadu grafis.
B. Kapasitas
Memory Video Board/Card
Kapasitas memori yang paling modern video yang berkisar kartu dari 128
MB hingga 8 GB. Sejak memori video perlu
diakses oleh GPU dan sirkuit layar, sering
menggunakan memori berkecepatan tinggi
atau multi pelabuhan khusus, seperti VRAM,
WRAM, SGRAM, dll. Sekitar tahun 2003, memori video itu biasanya
didasarkan pada teknologi DDR.
Selama dan setelah tahun itu, produsen bergerak menuju DDR2, GDDR3, GDDR4
dan GDDR5. Efektif
clock rate memori dalam kartu modern umumnya
antara 1 GHz dan 6,3 GHz.
C.
Skala Multi Video Board/Card
Beberapa kartu grafis dapat dihubungkan bersama untuk memungkinkan
skala pengolahan grafis
di beberapa kartu. Hal ini dilakukan baik menggunakan bus PCIe pada
motherboard, atau, lebih umum,
dengan jembatan data. Umumnya, kartu harus
dari model yang sama untuk
dihubungkan, dan kartu listrik
yang paling rendah tidak dapat
dihubungkan dengan cara ini. AMD dan Nvidia keduanya
memiliki metode kepemilikan scaling,
CrossfireX untuk AMD, dan SLI untuk Nvidia. Kartu dari produsen
yang berbeda dan generasi tidak
dapat digunakan bersama-sama untuk
skala multi-card. Saat ini,
skala dapat dilakukan dengan menggunakan
hingga empat kart.
1.2 Sound
Card
A. Pengertian
Sound Card
Sound
Card yaitu suatu komponen yang terdapat dalam PC yang bertugas untuk menunjang
fungsi suara PC multimedia. Sound card merupakan peripheral yang terhubung ke
slot ISA atau PCI pada motherboard yang memungkinkan computer untuk memasukkan
input, memproses dan menghantarkan data berupa suara. Seperti halnya VGA card,
sound card pun memiliki beragam bentuk, macam dan jenis.
B. Fungsi Sound Card
Sound
card memiliki empat fungsi utama, yaitu sebagai synthesizer, sebagai MIDI
interface, pengonversi data analog ke digital (misalnya merekam suara dari
mikrofon) dan pengkonversi data digital ke bentuk analog (misalnya saat
memproduksi suara dari spiker). Dan biasanya terdapat pada komputer-komputer
yang bercirikan Multimedia. Sedangkan cara pengangkutan suara biasanya
menggunakan tiga cara, yaitu :
Melalui teknologi frequency
modulation (FM) atau Sintesa lewat FM adalah cara yang paling efektif untuk
menghasilkan suara yang jernih. Suara disimulasikan dengan menggunakan bilangan
algoritma untuk menghasilkan sine wave, alias gelombang yang lentur sehingga
menghasilkan suara yang mirip suara sumber aslinya. Misalnya, suara denting
gitar akan disimulasikan dan hasilnya akan mendekati suara asli. Cara wavetable
adalah merekam suara yang tersimpan pada chip kartu suara, dan meneruskannya ke
spiker. synthesizing secara fisik berarti suara disimulasikan melalui prosedur
programming yang kompleks.
C. Pemasangan Sound Card.
Pada awal
kemunculannya, Sound Card hanyalah sebagai pelengkap dari komputer. Tapi sesuai
berkembangnya zaman, saat ini Sound card tampaknya menjadi suatu perangkat
wajib yang harus ada di setiap komputer kita. Dan dilihat dari cara
pemasangannya, sound card sendiri dibagi 3 antara lain :
Sound Card Onboard, yaitu
sound card yang menempel langsung pada Motherboard komputer kita. Sound Card
Offboard, yaitu sound card yang pemasangannya di slot ISA/PCI pada motherboard
kita. Rata-rata sekarang sudah menggunakan PCI.
Sound card External
adalah sound card yang penggunaannya disambungkan ke komputer melalui port
eksternal, seperti USB atau FireWire.
D. Cara Kerja Sound Card
Ketika
anda merekam suara lewat microphone. suara anda yang berupa waveform, wav atau mp3 dikirim ke sound
card. Data digital ini diproses oleh DSP bekerja dengan DAC. Mengubah sinyal
digital menjadi sinyal analog yang kemudian sinyal analog diperkuat dan
dikeluarkan melalui speaker.
E. Tips Menyesuaikan
Pemilihan Sound Card
Sound
Card berfungsi sebagai pengubah sinyal digital menjadi sinyal analog suara
ataupun sebaliknya. Kualitas sound card banyak dipengaruhi oleh sebuah chip DAC
sebagai chip pendamping chip utama sound card. Chip DAC ini berfungsi untuk
mengubah sinyal analog. Secara kinerja dapat dijelaskan chip ini memproses
output yang dihasilkan oleh controller utama/chip sound yang berupa data
digital menjadi data analog.
1.3 CD-ROM Driver
A. Penjelasan CD-Rom
CD-ROM yang populer digunakan
untuk mendistribusikan perangkat lunak
komputer, termasuk video game dan
aplikasi multimedia, meskipun data
dapat disimpan (sampai batas kapasitas disk).
Beberapa CD memegang
kedua data komputer dan audio
dengan yang terakhir mampu dimainkan
pada pemutar CD, sedangkan data (seperti perangkat lunak atau video digital) hanya dapat digunakan pada komputer (seperti ISO 9660 Format PC CD-ROM). Ini disebut CD
ditingkatkan.
B.
Media CD-Rom
CD-ROM adalah identik dalam tampilannya CD audio, dan data disimpan dan diambil dengan cara yang sangat mirip (hanya berbeda dari CD audio dalam standar yang digunakan untuk menyimpan data). Disc
terbuat dari disc tebal 1,2 mm dari plastik polikarbonat, dengan lapisan tipis aluminium untuk membuat permukaan reflektif. Ukuran yang paling umum dari CD-ROM adalah 120 mm,
meskipun kecil CD
Mini standar dengan
diameter 80 mm, serta
berbagai non-standar ukuran dan
bentuk (misalnya, bisnis media
seukuran kartu) juga tersedia.
Data disimpan pada disk
sebagai rangkaian lekukan mikroskopis. Sebuah laser bersinar ke permukaan
reflektif dari disk untuk membaca pola pit dan land ("lubang", dengan
kesenjangan antara mereka disebut sebagai "tanah"). Karena kedalaman
lubang sekitar seperempat sampai seperenam dari panjang gelombang sinar laser
digunakan untuk membaca disk, fase tercermin sinar dialihkan dalam kaitannya
dengan berkas yang masuk, menyebabkan gangguan yang merusak dan mengurangi
intensitas tercermin sinar. Pola perubahan intensitas sinar yang dipantulkan
diubah menjadi data biner.
C.
Standar CD-Rom
Beberapa format digunakan untuk data yang tersimpan di compact disc, yang dikenal sebagai Rainbow buku. Ini termasuk asli
Buku Merah standar CD-DA untuk CD audio, Buku Putih dan Buku
Kuning CD-ROM. ISO / IEC 10149 / standar ECMA-130, yang memberikan gambaran menyeluruh fisika dan lapisan
fisik dari CD-ROM, termasuk cross-interleaved Reed-Solomon coding
(CIRC) dan delapan-ke-empat belas modulasi
(EFM), dapat didownload dari ISO atau ECMA.
ISO 9660 mendefinisikan sistem file standar dari CD-ROM, meskipun karena diganti oleh ISO 13490 (Yang
juga mendukung CD-R dan multi-session).
UDF meluas ISO
13346 (yang dirancang untuk non-sekuensial write-sekali
dan cakram ulang ditulisi
seperti CD-R dan CD-RW) mendukung media read-only
dan re-writeable dan
pertama kali diadopsi untuk DVD.
Bootable CD spesifikasi,
untuk membuat CD meniru
hard disk atau floppy disebut El Torito.
D.
Format CD-Rom
Sektor CD-ROM berisi
2.352 byte, dibagi menjadi 98 frame 24 byte. Tidak seperti CD musik, CD-ROM
tidak bisa mengandalkan penyembunyian error dengan interpolasi, dan karena itu
memerlukan keandalan yang lebih tinggi dari data yang diambil. Dalam rangka
mencapai koreksi kesalahan diperbaiki dan deteksi, CD-ROM memiliki lapisan
ketiga koreksi kesalahan Reed-Solomon Sebuah Mode-1 CD-ROM,
yang memiliki tiga lapisan penuh data koreksi kesalahan, berisi bersih. 2.048
byte yang tersedia 2.352 per sektor. Dalam Mode-2 CD-ROM, yang banyak digunakan
untuk file video, ada 2.336 byte pengguna-tersedia per sektor. Tingkat byte
bersih Mode-1 CD-ROM, berdasarkan perbandingan dengan standar CDDA audio,
adalah 44100 Hz × 16 bit / sampel × 2 saluran × 2.048 / 2.352 / 8 = 153.6 kB /
s = 150 KiB / s. Waktu bermain adalah 74 menit, atau 4.440 detik, sehingga
kapasitas bersih dari Mode-1 CD-ROM 682 MB atau, sama, 650 MiB.
1.4 Scanner
A. Sejarah Scanner
Sejarah
perkembangan scanner berawal pada tahun 1975, ketika Ray Kurzweil dan timnya
menciptakan Kurzweil Reading Machine beserta software Omni-Font OCR (Optical
Character Recognation) Technology. Software ini berfungsi mengenali teks yang
ada dalam objek yang di scan dan menerjemahkannya menjadi data dalam bentuk
teks.
Dari
awal perkembangan itulah teknologi scanner berawal dan akhirnya terus
berkembang sampai saat ini dengan teknologi yang semakin lama semakin maju.
Kini scanner sudah dapat digunakan untuk menscan objek tiga dimensi dan film
negatif.
Bentuk
dan ukuran scanner bermacam-macam, ada yang besarnya seukuran dengan kertas
folio ada juga yang seukuran postcard, bahkan yang terbaru, berbentuk pena yang
baru diluncurkan oleh perusahaan WizCom Technologies Inc. Scanner berukuran
pena tersebut bisa menyimpan hingga 1.000 halaman teks cetak dan kemudian
mentransfernya ke sebuah komputer pribadi (PC). Scanner berukuran pena tersebut
dinamakan Quicklink. Pena scanner itu berukuran panjang enam inci dan beratnya
sekitar tiga ons. Scanner tersebut dapat melakukan pekerjaannya secara acak
lebih cepat dari scanner yang berbentuk datar.
Pada
saat ini, scanner sudah semakin berkembang dengan pesat. Banyak sekali scanner
yang beredar di dunia dengan berbagai merk, diantaranya scanner keluaran dari
Canon, Hewlett Packard (HP), EPSON, UMAX , Panasonic, Samsung, Fujitsu, Lexmark
dan masih banyak lagi brand scanner yang lainnya yang semakin berkembang dengan
pesat seiring penemuan baru teknologi scanner.
Penemuan
scanner sangat terkait dengan perkembangan teknologi photography,fotokopi dan
optical machine. Penemu scanner adalah Robert S. Ledley lahir di
Newyork, Amerika Serikat pada tahun 1926. Hingga akhirnya pada tahun 1943
lahirlah CT Scanner yang mampu memindai seluruh tubuh dari ujung rambut hingga
ujung kaki. Mesin temuannya itu di namakan Automatic Computerized Transverse
Axial (ACTA). Demikian sejarah singkat penemuan scanner dan perkembangan
scanner dari awal penemuannya sampai sekarang scnner baru dengan teknologi
berbeda dan canngih telah ditemukan dan dikembangkan di dunia oleh berbagai
Company seperti yang disebutkan di atas.
B. Pengertian Scanner
Suatu
alat elektronik yang fungsinya mirip dengan mesin fotokopi. Mesin fotocopy
hasilnya dapat langsung dilihat pada kertas sedangkan scanner hasilnya
ditampilkan pada layar monitor komputer dahulu kemudian baru dapat diubah dan
dimodifikasi sehingga tampilan dan hasilnya menjadi bagus yang kemudian dapat
disimpan sebagai file text, dokumen dan gambar. Scanner merupakan suatu alat
yang digunakan untuk memindai suatu bentuk maupun sifat benda, seperti dokumen,
foto, gelombang, suhu, digunakan untuk mengambil citra cetakan (gambar, foto,
tulisan) untuk diolah atau ditampilkan melalui komputer. Hasil pemindaian itu pada
umumnya akan ditransformasikan komputer sebagai data digital Data yang telah
diambil dengan scanner itu , bisa dimasukkan secara langsung ke semua aplikasi
computer computer yang mengenali teks ASCII. Perbedaan tiap scanner dari
berbagai merk terletak pada pemakaian teknologi dan resolusinya. Pemakaian
teknologi misalnya penggunaan tombol-tombol digital dan teknik pencahayaan.
C. Fungsi Scanner
Fungsi
Scanner adalah membaca, merekam dan mengambil informasi suatu benda baik
2D atau 3D dan menghimpunnya untuk anda dengan berbentuk gambar. Begitu juga
dengan fungsi scanner komputer.
Berbeda dengan Printer, Scanner hanya bisa mengambil informasi gambar dan
menampilkan pada komputer dan bisa diambil dalam bentuk file data. Jadi jika
anda memasukkan foto maka akan menghasilkan foto itu sendiri dalam bentuk
digital (gambar dalam komputer), dan jika anda memasukkan benda maka akan
menghasilkan gambar itu sendiri.
D. Komponen – Komponen Scanner
Komponen-komponen
yang dimaksud adalah komponen-komponen pada scanner flatbed. Komponen tersebut
adalah :
1. Alas kaca digunakan sebagai wadah dari
gambar yang akan dibaca.
2. Sumber cahaya berupa lampu dengan intensitas
cahaya cukup tinggi akan menghasilkan cahaya yang diarahkan ke gambar.
3. Sensor sinal pantulan jenis yang umum
digunakan untuk jenis scanner flat bed adalah sensor CCD(charge-coupled
devices). Alat ini berfungsi seperti mata yang akan membaca sinar pantulan dari
gambar untuk mengarahkan sampai ke CCD, cahaya pantulan dari gambar diarahkan
dengan menggunakan sejumlah cermin dan lensa scanner.
4. Motor Stepper dan pita bergerigi karena
data dibaca baris perbaris, maka dibutuhkan motor stepper dan pita bergerigi
untuk menggerakkan lampu dan CCD.
5. Penutup digunakan untuk menghindari sinar
luar yang masuk, sehingga data yang dibaca oleh CCD benar-benar data pantulan
dari gambar yang sedang dibaca. Selain komponen-komponen tersebut tentu masih
ada banyak komponen lain, tetapi fungsi dan bentuknya dapat berbeda antara
jenis scanner satu dan lainnnya.
Referensi :
http://gema.sabda.org/seputar_sound_card.(akses tanggal 05/04/2013 pukul 10.00)
http://id.shvoong.com/social-sciences/communication-media-studies/2067211-pengertian-scanner/#ixzz2Pn4edvt1
(akses tanggal 07/04/2013
pukul 22.26)
http://www.gpureview.com.(akses tanggal 24/04/2013 pukul 22.30)
http://ausoverclock.net.(akses tanggal
24/04/2013 pukul 22.30)
a b "ISO/IEC 10149:1995 – Information
technology – Data interchange on read-only 120 mm optical data disks (CD-ROM)".(akses tanggal 24/04/2013 pukul 22.30)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar